Yakin dengan Pertolongan Allah


Saya yakin kalau setiap manusia pasti punya masalah dalam hidup ini, ada yang terikat masalah hutang, keluarga, pekerjaan, masalah dengan kuliah atau sekolahnya, dll. Namun kita harus yakin, bahwa Allah tidak akan memberikan cobaan diluar batas kemampuan umatnya, dan kita sendiri juga harus yakin dengan pertolongan dan Kasih Sayang Allah.


Kalau kita sudah yakin dengan pertolongan Allah, tidak ada yang sulit di Dunia ini. Karena untuk menjalani kehidupan, bukan dengan rasa ‘optimis’, tapi dengan rasa ‘yakin’. Tahukah bedanya..? Optimis : sikap merasa mampu melakukan sesuatu. Tapi Yakin : ‘sikap merasa mampu melakukan sesuatu, disertai dengan ikhtiar dan tawakal kepada Allah SWT’. Sudah jelas kan bedanya.? Tingkatannya jauuh lebih tinggi ‘yakin’, daripada optimis.

Dibalik semua masalah yang kita hadapi, sebenarnya Allah sudah memberikan kita solusi. Jika ingin dimudahkan urusan dan rizqinya maka sholat dzuha dan sedekah lah, jika ingin diberikan ketenangan, tempat yang terpuji dan dibukakan tabir kehidupan, maka tahajjudlah, dll. Ada banyak sekali solusinya, terserah kita mau ambil yang mana.

Allah turun ke langit Dunia pada 1/3 malam yang terakhir, kemudian ia berfirman: ‘Siapa yang mohon ampun kepadaKu maka akan Ku ampuni, dan siapa yang berdoa kepadaKu maka akan Ku kabulkan’ (H.R Muslim). Namun apa yang kita lakukan..? Kita tetap sajaa tidur, tiduurr, dan tiduuurr dibalik dekapan dan kehangatan malam. Tawaran baik dan pertolongan dari Allah kita sia- siakan begitu saja. 1/3 malam terakhir yang diyakini bertebaran malaikat, rahmat, dan ampunan Allah kita lewatkan. Jadi jangan heran kalau masalah- masalah kita hari demi hari semakin tambah rumit dan berat. Jika kita tetap seperti ini, kita akan selamanya terpuruk. Kita harus bangkit dan meningkatkan kualitas diri kita.

Kalau Allah sudah menawarkan pertolongannya, kenapa tidak kita ambil pertolongan tersebut..? Kenapa justru tiap hari kita hanya mengeluh dan mengeluh..? Padahal setiap kali kita mengeluh, rezeki kita justru akan diundur lagi 10 tahun. Setiap hari kita meminta kepada Allah agar doa kita dikabulkan, tapi apakah diri kita ini pantas jika doa kita dikabulkan..? Kadang saya berpikir… Apa sih yang membuat kita merasa susah hidup di Dunia ini. Tidak ada kan..? Kita merasa sendirian, susah, dll lantaran kita jauh dari Allah. Diriwayatkan dalam suatu hadits, bahwa cobaan hidup dan musibah- musibah terberat sesunguhnya dialami oleh para Nabi dan Rasul, jadi sebenarnya masalah- masalah yang kita alami saat ini tidak ada apa- apanya dibandingkan dengan cobaan- cobaan yang pernah dialami oleh para nabi dan Rasul.

Kadang saat memikirkan urusan dan masalah- masalah kita, semuanya terasa sangat sulit untuk dijalani. Namun ketika semua masalah itu kita hadapi, ternyata selalu ada jalan keluar dan kemudahan. Itulah bukti bahwa pertolongan Allah itu selalu ada. Cuma kadang kita tidak menyadarinya. Hidup ini dimisalkan kita berada pada tebing yang sangat tinggi dan curam, tapi di bawah tebing tersebut ada berlian (dimisalkan ada keinginan dan harapan yang sangat besar). Kita tidak perlu takut melangkah. Turunilah tebing itu pelan- pelan, dan ambil berliannya. Lantas siapa yang akan menolong kita untuk kembali ke atas..?? Jawabannya: Allah lah yang akan menolong kita. Kuncinya cuma 2, yaitu : iman (yakin) dan ketaqwaan.

Semoga artikel ini dapat menjadi obat bagi diri saya sendiri, dan dapat memberikan motivasi, serta pandangan lebih luas kepada kita untuk selalu berpikir cerdas dalam menyikapi dan menjalani kehidupan. Membuat kita menjadi orang- orang yang sadar, yang tidak hanya memegang Dunia, tapi juga menggapai urusan Akhirat. Amiin…

PRODUK GELANG KESEHATAN HERBAL - KLIK DISINI